CIBINONG - Kendati dinilai sedikit terlambat, dalam proses pengadaan. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor mulai mendistribusikan, ribuan paket bantuan laptop bagi puluhan SMP Negeri yang akan menyelenggarakan kegiatan UNBK, Rabu (3/4).

 Kepala Seksi Sarpras SMP Disdik Kabupaten Bogor, Muchlis menjelaskan, pembagian akan dilakukan selama tiga hari yakni, Rabu-Jumat dengan total 5.300 unit laptop clinet.

 "Hari ini kami distribusikan bantuan sebanyak 1.800 unit bagi 20 sekolah. Jelang akhir pekan nanti kami rampungkan semuanya, berserta server dan prangkat pendukung lainnya," jelasnya.

 Lanjutnya, pengadaan bantuan laptop dianggarkan melalui APBD Kabupaten Bogor, dengan sistem pembelian E-Katalog.

 "Bantuan meliputi unit komputer client, server, alat daya listrik, dan perlengkapan jaringn kabel," ungkapnya.

 Ditegaskan Muchlis, pihaknya meminta sekolah untuk melalukan penjagaan keamanan bagi aset ketia beada di lingkungan lembaga.

 "Kami tidak ingin kejadin kehilangan aset khususnya laptop terjadi lagi. Setiap tindakan kriminal akan dilaporkan kepada pihak berwajib untuk diproses hukum," tegasnya.

 Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Luthfie Syam mengemukakan, pihaknya meyakini bahwa pelaksanaan pengadaan bantuan UNBK akan berjalan lancar, dan tepat waktu.

 "Pelaksanaan UNBK dimulau tanggal 22 April, jika dilihat dari jeda waktu masih sangat memungkinkan sekolah, untuk mempersiapkan singkronisi prangkat," katanya.

 Dikatakan Mantan Kasatpol PP tersebut, pihaknya optimis pelaksanaan UNBK jenjang SMP tahun ini bejalan dengan lancar.

 "UNBK diikuti 1.009 sekolah dengan jumlah peserta sekitar 94.000 murid se-Kabupaten Bogor," pungkasnya.(DisdikPorlap)