CIBINONG – Guna meratakan pengimpelentasian program pendidikan karakter. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor akan mengadakan pelatihan dan pengembangan bagi pembina Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP swasta.

 

Kepala Seksi Kesiswaan SMP Disdik Kabupaten Bogor, Susilawati menjelaskan, kegiatan pembinaan akan dilakukan mulai tanggal 12-14 Desember.

 

“Pesertanya merupakan 85 orang pembina OSIS dari SMP swasta se-Kabupaten Bogor. Dimana sebelumnya kegiatan serupa sudah dilakukan bagi jenjang sekolah negeri,” jelasnya.

 

Dipaparkannya, adapun materi yang akan disampaikan apda pembinaan tersebut meliputi, pengembangan literasi, program kesiswaan, hingga pendidikan karakter.

 

“Narasumbernya meliputi Disdik, kepolisian, pengawas, dan akademisi,” papar Susi.

 

Dikatakan Susi, untuk program jangka panjang pihak Disdik berencana melakukan pemetaan minat bakat, di tiap satuan jenjang sekolah daerah.

 

“Pasca kegiatan ini kami akan melakukan pemetaan di sekolah. Dimana tidak menutup kemungkinan dari masing-masing lembaga, memiliki potensi yang menonjol dan bisa dikembangkan lebih lanjut,” ucapnya.

 

Sementara, Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik Kabupaten Bogor, Hidayat mengemukakan, melalui program ini pihaknya berharap kedepannya, terdapat peningkatan kualitas pengembangan OSIS di sekolah.

 

Menurutnya, melalui program pembinaan OSIS, berpengaruh besar bagi tumbuh kembang murid terutama dalam bidang keorganisasian dan sosial.

 

“Selain pendampingan nantinya, pembina OSIS bertugas menjadi mentor para murid untuk membuat program yang bisa diaplikasikan di sekolah, sebagai sarana edukasi akademik, ataupun non akademik,” harapnya.(DisdikPorlap).