MEGAMENDUNG - Demi mengejar target pemerataan pengimpelentasian Kurikulum 2013, ratusan kepsek dari berbagai SMP. Mengikuti kegiatan pembinaan dan pelatihan penguatan kompetensi yang dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, Rabu (28/11).

Kepala Seksi Penilaian dan Kurikulum SMP Disdik Kabupaten Bogor, Yanto Ngugianta menjelaskan, kegiatan pelatihan melibatkan 244 peserta dari 122 SMP.

"Pelatihan dilakukan selama tiga hari yakni, tanggal 26-28 November. Dimana pesertanya terdiri dari kepala sekolah dan wakasek kurikulum SMP Negeri, Satap, hingga swasta," jelasnya.

Lanjutnya, paparan materi meliputi pemahanan konsep, pola pengajaran, hingga teknis manajemen sistem kurikulum 2013.

"Narasumbernya terdiri dari Akademisi, pengawas, Direktorat, hingga Disdik. Dengan memfokuskan kepada bagaimana manajerial, dan pola penerapan kurtilas di sekolah," ungkap Yanto.

Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik Kabupaten Bogor, Hidayat mengemukakan, target pemerataan Kurtilas dituntaskan pada tahun 2020.

Rincinya, kurikulum 2013 akan diterapkan selara menyeluruh di 703 SMP yang terditi dari, 103 lembaga negeri, dan 601 sekolah swasta.

"Tahun ini sudah memasuki tahapan presentase 70 persen, penerapan di seluruh sekolah. Kemungkinan besar target pemeratan bisa tercapai," ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Luthfie Syam mengatakan, sistem materi pengajaran Kurtilas dianggap cocok, untuk persiapan pembentukan SDM 4.0.

"Melaui kurtilas pengembangan pendidikan karakter, HOTS, hingga materi pembelajaran mutahir bisa dilalukan. Hanha saja kami meminta kepada seluruh GTK baik kepala sekolah, hingga guru meningkatkan kompetensi," harapnya.=BAL