Libatkan 14 Tim Perumus

 

 MEGAMENDUNG - Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, mulai melakukan penyusunan naskah soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) Sekolah Menengah Pertama.

Proses penyusunan master kisi-kisi soal USBN dilaksanakan 6-8 Februari  di salah satu hotel di Jalan Raya Puncak, Kecamatan Megamendung. 

"Tahapan penyusunan soal melibatkan 13 tim penyusun, sesuai dengan jumlah mata pelajaran yang diujikan dalam USBN," ungkap Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMP Disdik Kabupaten Bogor, Yanto Ngugianta, Kamis (7/2).

Tim penyusun terdiri dari unsur guru mata pelajaran, pengawas, kepala sekolah, dan Bidang Pembinaan SMP Disdik.

Sementara materi yang diujikan dalam USBN meliputi Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Agama, PJOK, Bahasa Sunda, PLH, Prakarya, IPA, IPS, Seni Budaya (SBK), Kewarganegaraan, dan TIK.

 “Jumlah butir soal sebanyak 35-45 pilihan ganda, dan lima buah essay. USBN akan dilaksanakan pada tanggal 8-13 April,” papar Yanto.

 Sementara, Kepala Bidang Pembinaan SMP Disdik Kabupaten Bogor, Hidayat mengatakan, untuk pelaksanaan USBN akan dilalokasikan dari APBD Kabupaten Bogor tahun 2019.

 Pembiayaannya dialokasikan untuk pembuatan naskah, percetakan, hingga distribusi. "Saat ini memasuki tahap persiapan pelelangan di Bagian Pengadaan Barang dan Jasa,” ungkapnya.

 Hidayat melanjutkan, lantaran terdapat dua pengimplementasian kurikulum di satuan lembaga pendidikan daerah, maka pihaknya menggunakan sistem kurikulum materi irisan pada pembuatan soal.

 “Sehingga sekolah yang memakai kurikulum 2013 ataupun 2006, tidak terganggu dengan perbedaan sistem tersebut. Terlebih, seluruh materi telah diperiksa secara seksama, untuk meminimalisir adanya kesalahan,” tukasnya.(DisdikPorlap).