MEGAMENDUNG – Guna memaksimalkan partisipasi kegiatan Olimiade Guru Nasional (OGN) jenjang SD. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, menyelenggarakan pembekalan materi, bagi puluhan peserta lomba tenaga pendidik berprestasi di salah satu hotel di bilangan Jalan Raya Puncak, Kecamatan Megamendung kemarin, (21/3).

 PLT Kepala Seksi GTK SD Disdik Kabupaten Bogor, Dadang Sujana menjelaskan, kegiatan dilaksanakan untuk memberikan pemahaman, dan paparan materi teknis mengenai pelaksanaan OGN.

 “Kegiatan pembekalan diikuti sebanyak 240 orang peserta yang terdiri dari elemen kepala sekolah, pengawas, dan guru dari perwakilan tiap kecamatan,” jelasnya.

 Dikatakanya, pelaksanaan OGN 2019 diikuti sebanyak 165 guru, 40 kepala sekolah, dan 35 orang pengawas.

 “Pelaksanaan rangkaian penilaian akan dilakukan pada pertengahan April. Nantinya para peserta akan melalui enam tahap seleksi,” ucap Dadang.

 Untuk tahap seleksi, lanjut Dadang, mulai dari penilaian portofolio, PKG, naskah Karya Tulis Ilmiah (KTI), test tertulis, presentasi KTI, dan profesionalitas karakter pengajar.

 “Nantinya para peserta yang lolos sebagai juara dari tiap golongan tenaga pendidik. Akan mewakili Kabupaten Bogor di OGN jenjang provinsi,” papar Dadang.

 Sementara, Kepala Bidang Pembinaan GTK Disdik Kabupaten Bogor, Asep A.Sudrajat mengemukakan, pihaknya merasa optimis tahun ini bisa menjuarai jenjang Provinsi, sekaligus menjadi perwakilan Jawa Barat di OGN Nasional.Menurutnya, pelaksanaan lomba akademik bagi guru, sangat baik untuk melihat tingkat komptensi dan daya saing tenaga pendidik.

 “Hal ini juga bisa dijadikan bahan evaluasi Disdik, melihat sejauh mana perkembangan kompetensi guru daerah. Maka dari itu, saya berharap para tenaga pendidik lebih antusias, ketika mengikuti berbagai perlombaan yang diselenggarakan pemerintah,” harap Asep.(DisdikPorlap)