PARUNG – Demi kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputerisasi (UNBK) jenjang SMP April nanti. Dinas Pendidikan (DisdiK) Kabupaten Bogor mengadakan, kegiatan sosialisasi bagi teknisi dan proktor tingkat wilayah.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMP Disdik Kabupaten Bogor, Yanto Ngugianta menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah  satu langkah persiapan, menyusu masih adanya kendala teknis di beberapa sekolah.

“Sosialiasi melibatkan unsur pengawas, tim helpdesk UNBK Kabupaten Bogor, Dinas Pendidikan, dan kepala sekolah,” jelasnya.

 Lanjutnya, sosialisasi dilakukan di 19 sub rayon SMP, dan 4 sub rayon MTs.

Ricninya, ke-19 sub rayon tersebut meliputi, Kecamatan Parungpanjang, Cigombong, Ciawi, Bojonggede, Kemang, Cileungsi, Citeureup, Gunungputri, Cibinong Selatan, Cibinog Utara, Dramaga, Ciomas, Cibungbulang, Ciampea, Cariu, Jonggol, Jasinga, dan Leuwiliang.

“Pelaksanannya sendiri  dilaksanakan di pusatkan pada 13 sekolah. Dimana paparan materi yang disampaikan meliputi, langkah persiapan, singkornisasi data, verifikasi peserta didik di sekolah, dan pengecekan prangkat yang sudah tersedia,” papar Yanto.

Sementara, Tim Help Deks UNBK Kabupaten Bogor, Edy Setiawan mengemukakan, pihaknya masih menemukan adanya sekolah yang hingga saat ini masih terkendala dengan jaringan internet, dan singkoniasi prangkat laptop.

Diakuinya, untuk kendala jaringan internet rentan terjadi pada sekolah yang, berada di lokasi pelosok.

“Rerata karena sekolah jauh dari menara pemancar, serta gangguan cuaca juga bisa menjadi faktor kendala jaringan internet.  Maka dari itu, kami menyarankan kepada pihak sekolah agar menghubungi, pihak rekanan penyedia jasa layanan koneksi internet, untuk melakukan perbaikan,” pungkasnya.

Ketua MKPS SMP Disdik Kabupaten Bogor, Budi Wahyu menambahkan, rapat ini dilakukan menyusul adanya perubahan jadwal, pada pelaksanaan simulasi serta Tryout.

 “Sehubungan jadwal Tryout berbenturan dengan simulasi UNBK tahap II. Maka tahap uji coba dimajukan menjadi tanggal 4-7 Februari,” katanya.

 Selain perubahan jadwal tersebut, lanjutnya, disampaikan pula beberapa imbauan terkait persiapan jelang UNBK kepada para sekolah.

 Jelasnya, imbauan yang disampaikan pihak pengawas meliputi, verifikasi calon peserta pada bio UN, persiapan infrrastruktur pendukung, pengaturan server dan sesi, hingga pendalaman materi kepada murid.

 “Untuk pelaksanaan Tryout sendiri akan dilakukan pada tanggal 11-12 Februari. Dimana simulasi akan dilakukan hingga tahap III,” cetusnya.(DisdikPorlap).