MEGAMENDUNG – Sebanyak ratusan guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Mengikuti kegiatan workshop Replikasi dan Diseminasi Program Diseminasi Bermutu yang dilakukan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor di salah satu hotel, Kecamatan Megamendung kemarin, (7/2).

 Kepala Seksi GTK SMP Disdik Kabupaten Bogor, Didin Syarifudin menjelaskan, kegiatan ini dilaksankan untuk melatih, meningkatkan, dan mengembangkan kreatifitas serta profesionalisme guru dalam mengajar di kelas.

 “Pelatihan akan dilakukan dalam dua tahap, gelombang I dimulai pada tanggal 7- 9, dan dilanjutkan gelombang II di 12-13 Februari nanti,” jelasnya.

 Lanjutnya, peserta pelatihan tahap I sendiri terdiri dari 116 guru MGMP dari lima mata pelajar  yakni, Bahasa Inggris, PAI, Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia.

 “Untuk tahap II nanti, akan melibatkan 120 orang dari enam mata pelajaran yang diantaranya, IPS, Kewarganegaraan, PJOK, SBK, Prakarya, dan Bahasa Sunda,” papar Didin.

 Kepala Bidang Pembinaan GTK Disdik Kabupaten Bogor, Asep A.Sudrajat mengemukakan, Bermutu merupakan singkatan dari Better Education Through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading.

 “Konsepnya seperti peningkatan mutu pendidikan melalui pengembangan kompetensi dan kinerja guru. Dilatarbelakangi UU Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen,” ungkapnya.

 Dipaparkan Asep, terdapat tiga output yang diharapkan mampu dilakukuan para peserta, pasca mengikuti kegiatan pelatihan ini.

 “Peningkatan jumlah guru yang memenuhi kualifikasi akademik sesuai standar. Pengimpelentasian pemetaan guru SD dan SMP daerah, sesuai dengan latar belakang pendidikan. Hingga Penurunan angka kemangkiran tenaga pendidik,” tuturnya.

 Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Luthfie Syam berharap, dengan adanya pelatihan ini, meningkatkan kesiapan guru untuk menyambut industri 4.0.

 “Kegiatan serupa akan terus kami lakukan untuk pengembangan komptensi, serta kualitas para guru. Dalam menyambut era pendidikan 4.0, serta pengimplentasian sistem pembelajaran High Thinking Order Skill (HOTS),” harapnya.(DisdikPorlap).