CISARUA - Guna meningkatkan kualitas pengelolaan lembaga anak usia dini. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, menyelenggarakan workshop peningkatan mutu bagi ratusan kepala PAUD, Kamis (4/4).

 Kepala Bidang Pembinaan GTK  Disdik Kabupaten Bogor, Asep A.Sudrajat menjelaskan, kegiatan dilaukan untuk memberikan pemahaman, dan wawasan prihal manajerial.

 "Pelatihan diikuti  sebanyak 500 kepala Paud dari 40 kecamatan, selama tiga hari kedepan yang dimulai pada tanggal 4-6 April," jelasnya.

 Dikatakannya, paparan materi meliputi manajerial pelayanan, operasional, dan pengembangan sistem pengajaran.

 "Narasumber didatangkan dari pihak akademisi, pendidik, penilik, dan Disdik. Prihal delapan standar pendidikan dalam jenjang paud," ungkapnya.

 Diakui Asep, dalam mendukung program peningkatan pengelolaan, pemerintah menggelontorkan dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).

 "BOP diberikan kepada hampir seluruh PAUD yang telah melengkapi persyaratan adiministrasi. Sementara, kami juga memperjuangkan peningkatan dana kesejahteraan untuk tenaga pendidiknya," ungkapnya.

 Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Luthfie Syam mengemukakan, pihaknya meminta pengelola PAUD juga memperhatikan kualitas stunting anak didik.

 Menurutnya, penguatan stunting sangat dibutuhkan pada jenjang PAUD, dikarenakan diusia tersebut pertumbuhan anak sangat perlu diperhatikan bagi perkembangan.

 "Disdik juga meminta pengelola PAUD agar, lebih ramah dalam pelayanan khususnya dalam hal biaya kepada masyarakat," kata Mantan Satpol PP tersebut.

 Sambung Luthfie, dengan tersebarnya hampir 2.000 Paud di 40 kecamatan, mampu menjadi pilar utama pengembangan angka stunting di daerah.(Disdikporlap).