MEGAMENDUNG – Guna mensukseskan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputerisasi (UNBK) program kesetaraan. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, menyelenggarakan sosialsiasi teknis bagi para teknisi dan proktor kemarin, (19/2).

 Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian PNF Disdik Kabupaten Bogor, Elfi Nilahartani menjelaskan, sosialsiasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman teknis, hingga prosedur pelaksanaan UNBK bagi para teknisi.

 “Kegiatan sosialisasi dilakukan dalam dua tahap yakni, gelombang I pada tanggal 14-16, selanjutnya di 18-20 Februari dengan total peserta sebanyak 252 orang,” jelasnya.

 Dipaparkannya, adapun materi yang dibahas pada sosialsiasi tersebut meliputi, penanganan teknis saat ada kendala, hingga tata persiapan rangkaian prangkat pendukung.

 “Setiap lembaga minimal memiliki satu proktor dan teknisi. Namun, bilamana jumlah peserta melebihi dari 50 orang, maka perbandingannya 1: 20 orang di tiap ruang,” ungkap Elfi.

 Sementara, Kepala Bidang Pembinaan PNF Disdik Kabupaten Bogor, Amsohi mengemukakan, tahun ini pelaksanaan UNBK Kesetaraan akan diikuti sebanyak 122 lembaga PKBM.

 ‘Dari keseluruhan terdapat 45 PKBM yang akan menyelenggarakan UNBK mandiri. Dimana langkah persiapan seperti ini, sangat penting untuk mengantisipasi ketika terjadi kendala dalam pelaksanaan,” tuturnya.

 Sambung Amsohi, pihaknya berharap pihak lembaga melakukan koordinasi dengan leading sektor rekanan penyedia jasa internet dan listrik. Dikarenakan masih adanya kendala dalam sektor tersebut.

 “Dengan pematangan teknis ini, kami berharap pelaksanaan UNBK program kesetaraan akan berjalan lancar nantinya,” harapnya.(Disdikporlap)