CIBINONG – Bertempat di Laga Tangkas, Kecamatan Cibinong. Bupati meresmikan peluncuran program pancakarsa Bogor Cerdas, Berkeadaan dan gerakan ayo ke Paud, Rabu (19/3).

Bupati, Ade Yasin mengemukakan, dalam lima tahun kedepan pihaknya berencana menggalakan program pengembangan edukasi wisata, pelaksanaan model pembelajaran digital, serta perhatian terhadap stunting daerah.

“Saya mendukung penuh, program sekolah digital yang saat ini akan diterapkan di beberapa lembaga rintisan. Dimana pemerintah daerah akan melakukan perancangan, serta pengadaan prangkat pendukung,” jelasnya.

Lanjutnya, dengan kekayaan alam serta kehadiran industri wisata di daerah. Dirinya juga menargetkan peningkatan kunjungan yang segnifikan, dalam sektor  pariwisata.

“Disdik juga memiliki program edukasi wisata, dari paparan Kadisdik. Hal tersebut sudah sepatutnya dikembangkan, khususnya bagi pelajar daerah yang mengikuti tirp wisata atau pembelajaran luar kelas,” ujar Ade.

Selain itu, dikatakan Politisi PPP tersebut, banyaknya pelaku industri di daerah, diharapkan bisa menjadi salah satu pilar peningkatan mutu serta kualitas pengembangan pendidikan.

“Salah satu programnya melalui CSR pelaku industri, kepada dunia pendidikan daerah. Mulai dari bantuan fisik, pengembangan SDM, ataupun wawasan edukasi ringan bagi para pelajar kita,” ungkap Ade.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Luhfie Syam mengatakan, acara ini bertujuan sebagai dimulainya rangkaian progran pancakarasa Bupati. 

"Acara akan dilaksanakan hari ini, dengan mengadakan rangkaian sebanyak 13 agenda program pendidikan daerah," tuturnya.

Dipaparkannya, konsep program peluncuran akan berupa pentas treatikal, namun dipadukan dengan sistem digital serta teknologi.

Rincinya ke 13 kegiatan tersebut meliputi, penerimaan kartu bodas jenjang SD,SMP dan PNF, bantuan seragam batik, buku modul, beasiswa tenaga pendidik, unit laptop UNBK, vocher BOS daerah, pataka sekolah adiwiyata, pengukuhan bunda paud, karya siswa,  hingga pembukaan simbolis acara perlombaan jenjang daerah.

"Dalam kegiatan ini juga akan ditampilkan, sejumlah pameran, kesenian, hingga potret pendidikan Kabupaten Bogor dari semua jenjang baik itu formal dan non formal," papar Luthfie.

Sambung Mantan Kasatpol PP Kabupaten Bogor tersebut, melalui acara ini diharapak masyarakat, pelaku industri, hingga jajaran Satuan Prangkat Daerah (SKPD). Untuk ambil peran dalam peningkatan kualitas pendidikan daerah.

"Singkronisasi program dengan jajaran SKPD sangat penting, dengan harapan terencananya paparan program kegiatan untuk realisasi," harap Luthfie. (DisdikPorlap).