Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor

MEGAMENDUNG – Bertempat di salah satu hotel di Jalan Raya Puncak, Kecamatan Megamendung. Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor mengadakan kegiatan penyusunan kisi-kisi master soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) jenjang SD, Selasa (8/1).

 Kepala Seksi Kurikulum SD Disdik Kabupaten Bogor, Wawan Kuswandi menjelaskan, kegiatan akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 8-10 Januari nanti.

 “Kegiatan ini merupakan rangkaian persiapan pelaksanaan USBN jenjang SD yang akan dilaksanakan pada April-Mei nanti,” jelasnya.

 Lanjutnya, adapun dalam pembuatan materi soal ini, pihak Disdik membentuk tim khusus yang beranggotakan lintas elemen pendidik tingkat wilayah.

 “Tim penyusun soal terdiri dari kepala sekolah, guru, dan elemen Dinas Pendidikan dengan total 53 orang,” tuturnya.

 Diakui Wawan, untuk teknis penyusunan materi soal, pihaknya akan enggunakan sistem irisan (perpaduan). Dikarenakan hingga saat ini di Kabupaten Bogor masih menggunan dua kurikulum yakni, KTSP (2006) dan Kurtilas (2013).

 “Nantinya butir soal akan berjumlah 40 pilihan ganda dan lima essay. Dimana bobot materinya 25 persen terapan standar nasional, dan 75 persen sisanya merupakan pembentukan muatan lokal yang dibuat oleh tim penyusun naskah,” paparnya.

 Sementara, Kepala Bidang Pembinaan SD Disdik Kabupaten Bogor, Hendarsah mengatakan, pihaknya mengimbau agar tim melakukan pengecekan materi soal dengan seksama, guna meminimalisir adanya kesalahan penulisan sebelum percetakan.

 “Nantinya soft file dan naskah akan dibagikan kepada tiap kecamatan, untuk melaksanakan USBN. Dimana Disdik berharap para panitia, kepala sekolah, hingga pengawas koordinasi agar kegiatan ujian berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (DisdikPorlap).

 USBN



2019 © Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor