Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor
Digencarkannya penerapan Kurikulum 2013 oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor. Membuat puluhan Sekolah Dasar (SD) di wilayah kecamatan, mulai melakukan pengembangan dan pelatihan pekan ini.
 
Koordinator Pendidikan Kecamatan Parung, Siti Latifah menjelaskan, di wilayahnya pelatihan Kurikulum 2013 mengarah kepada guru kelas III dan VI SD.
 
"Untuk Kecamatan Parung, impelentasi Kurikulum 2013 baru dilakukan di satu gugus. Dimana melalui kegiatan pelatihan ini, kami pengawas, k3s, dan kepala SD sudah berkomitmen untuk meratakan sistem Kurtilas," jelasnya, Selasa (9/7).
 
Dikatakannya, pelatihan dilakukan selama tiga hari, dengan metode tatap mula serta sinulasi praktik dalam kelompok kelas.
 
"Pelatihan diikuti sebanyak 37 SD dengan 80 guru, dari tiga  gugus yang diantaranya, parung, iwul, dan cogreg," papar Siti.
 
Diakui Siti, penerapan Kurikulum 2013 pada dasarnya tidak merubah sistem administrasi pada sekolah. Hanya saja terdapat peraturan pemerintah pusat, mengenai standarisasi akreditasi lembaga.
 
Tambahnya, untuk penguatan pembelajaran Kurikulum2013, lebih menekankan kepada basic teknologi, dan pendidikan karakter 4.0.
 
"Peraturan tersebut sudah diperbaharui, selain itu sistem administrasi pembelian buku tetap BOS TW I dibayarkan untuk pembelian buku," ungkapnya.
 
Sementara, Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SD Disdik Kabupaten Bogor, Wawan Kuswandi nengatakan, pelaksanaan pelatihan dilakukan secara berkelanjutan, baik yang dilaksanakan secara mandiri ataupun berkelompok
 
"Paparan materi pelatihan meliputi, pengertian Kurtilas, sistem mengajar, kebijakan, dan perubahan proses penilaian serta pengembangan model materi," ujarnya.
Sambungnya, pihaknya berharap dengan gencarnya dilakukan sosialisasi ini, maka target pemerataan Kurtilas pada tahun depan tercapai.(Disdikporlap)


2019 © Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor