Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor

 

 

CIBINONG – Demi meningkatkan kualitas tenaga pendidik jenjang Paud. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Bogor, akan menyelenggarakan pelatihan uji kompetensi tahun ini.

 

Kepala SKB Kabupaten Bogor, Tri Susilowati menjelaskan, kegiatan pelatihan akan menyasar para guru Paud yang belum memiliki jenjang pendidikan strata I (SI).

 

“Ujiannya sendiri ditargetkan akan melibatkan 208 peserta. Dimana mereka merupakan guru paud yang mengikuti program, pelatihan berjenjang tingkat dasar,” jelasnya.

 

Dipaparkannya, pelatihan akan berjenis tatap muka dengan uji teori serta praktik. Dimana pelaksanaan akan dipusatkan di gedung SKB Kabupaten Bogor, Kecamatan Cibinong.

 

Diakuinya, saat ini pihak SKB sudah menyiapkan sarpras pendukung pelaksaan uji komptensi. Hanya saja masih menuggu penjaringan data calon peserta.

 

“Tim penguji akan melibatkan dari pihak Lembaga Sertifikasi Profesi (LSK) Direktorat Paud dan Dikmas. Dengan harapan para peserta yang lolos nanti, memiliki komptensi sesuai standar dan sebagai out put mendapatkan sertifikat pengajar,” tutur Tri.

 

Sementara, Kepala Seksi GTK PAUD Disdik Kabupaten Bogor, Dadang Sujana mengemukakan, dari hasil pendataanya setidaknya tercatat sebanyak 1.600 guru paud, mengikuti kegiatan pelatihan berjenjang tingkat dasar tahun 2018.

 

Rincinya, di tahun 2018 tercatat sebanyak 2.460 lembaga Paud, 8.390 tutor, dan 77.149 peserta didik yang tersebar di 40 kecamatan.

 

“Tentu kami sangat mendukung adanya program ini, karena dengan jumlah tenaga pengajar jenjang Paud yang begitu banyak. Akan lebih efektif bilamana terdapat pengembangan serupa, agar pemerataan komptensi bisa lebih cepat,” harap Dadang.(Disdikporlap)



2019 © Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor