Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor

*Digelar serentak di seluruh sekolah Kabupaten Bogor

 

CIBINONG – Bertempat di SMPN 2 Cibinong, Bupati beserta Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor, menyelenggarakan peluncuran program Jumat Mengaji. Sebagai bentuk penerapan Pancakarsa Bogor Berkeadaban kemarin, (8/2).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Luthfie Syam menjelaskan, kegiatan ini akan diterapkan sepenuhnya di seluruh sekolah, mulai dari jenjang TK Paud-SMA dan SMK daerah.

“Jumat mengaji sendiri merupakan kegiatan rutinitas Tarsana, atau baca tulis Quran. Namun, pelaksanannya dilakukan sebelum jam belajar mengajar dalam kelas di mulai,” jelasnya.

Lanjutnya, dalam giat peluncuran program ini dilakukan serentak di seluruh lembaga pendidikan Kabupaten Bogor.

“Program ini akan terus dilakukan, dan berkelanjuta. Namun, pihaknya memberikan otonomi kepada sekolah, prihal teknis pelaksanan di tingkat lembaga yang disesuaikan dengan kemampuan. Baik dari segi ketersediaan sarana dan prasarana penunjang,” ungkap Luthfie.

Kepala SMPN 2 Cibinong, Taryana mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung dan berencana menerapkan program mengaji setiap hari.

“Kegiatan serupa telah kami lakukan setiap pagi semenjak beberapa tahun lalu. Namun, dengan adanya pencanangan resmi ini. Pihak sekolah merasa senang dan para muridpun terlihat sangat termotivasi,” akunya.

Sementara, Bupati, Ade Yasin berharap, kegiatan Jumat Mengaji terus dilakukan oleh seluruh sekolah, berikut para guru hingga pimpinan lembaga.

Menurutnya, melalui program ini diharapkan mampu membentuk karakter murid dari segi keagamaan. Sehingga meminimalisir adanya penyimpangan kenakalan remaja.

“Programnya jangan  terputus sampai disini saja, melainkan harus terus berjalan. Dimana hal ini merupakan salah satu bentuk literasi, terutama bilamana siswa atau sekolah juga mengamalkan arti-arti ayat suci yang dibacanya,” harap Bupati.(DisdikPorlap).

 



2019 © Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor